March 31, 2021
/
Legalitas

CARI TAU YUK, APA YA PERBEDAAN PEMBUATAN PT DAN CV?

Pembuatan PT/CV - Ditengah perkembangan ekonomi kreatif serta kemajuan peralatan teknologi sekarang ini. Memulai sebuah usaha dan menjadi seorang entrepreneur telah menjadi tren baru.

Tren ini pun berlaku tidak hanya di negara Indonesia saja, akan tetapi juga dibelahan dunia lain. Ditemukan perpaduan kreativitas serta penggunaan teknologi ini mampu menjadikan orang lebih jeli dalam memberikan solusi untuk suatu masalah yang sedang dihadapi oleh setiap orang.

Jika Anda sudah menemukan ide bisnis yang mampu menawarkan solusi bagi kebutuhan para pelanggan Anda, hal ini menunjukkan Anda pun sudah siap untuk memulai sebuah bisnis. Namun, penting bagi Anda pula untuk juga segera mempertimbangkan membuat perusahaan atau badan usaha dan sekaligus izin usaha yang sesuai.

Mungkin tidak sedikit dari Anda ini akan bertanya, mengapa membuat perusahaan atau badan usaha ini penting dan bahkan sangat disarankan kepada pelaku usaha untuk dilakukan sejak awal? Tidak lain, jawabannya adalah adanya badan usaha ini akan mampu memberikan nilai tambah terhadap usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan.

Pembuatan PT atau CV merupakan dua bentuk badan usaha yang perlu Anda pertimbangkan untuk dipilih salah satu daripada keduanya. Lalu, apa saja hal yang membedakan antara PT dan CV guna dapat membantu Anda dalam memilih pembuatan badan usaha?

BINGUNG MEMILIH BENTUK PERUSAHAAN UNTUK BISNIS ANDA? INI PERBEDAAN PEMBUATAN PT DAN CV

PT adalah badan usaha yang berbadan hukum dengan sistem pemisahan antara harta pribadi dan harta perusahaan. Sebagai pemilik perusahaan, pada PT akan disebut sebagai pemilik saham.

Dalam hal ini tanggung jawab Anda sebatas nilai saham yang Anda miliki. Berbeda dengan perusahaan atau badan usaha yang bukan badan hukum (CV). Dimana tanggung jawab untuk pemilik perusahaan ini bisa sampai hingga harta pribadi. Karena perusahaan yang bukan badan hukum pada hakikatnya dianggap sebagai persekutuan orang.

Sehingga secara garis besar, kedua badan usaha ini yaitu PT dan CV memiliki perbedaan yang cukup besar.

Terdapat keuntungan dan kerugian tersendiri ketika Anda melakukan pembuatan PT/CV. Oleh karena itu hal ini patut untuk Anda pahami sebagai pelaku usaha yang ingin mendirikan sebuah perusahaan agar pemilihan pembuatan PT/CV ini bisa sesuai dengan jenis usaha yang kelak akan dijalankan.

Berikut ini ada beberapa perbedaan pembuatan PT/CV yang perlu Anda tahu diantaranya:

1. Ketetapan Pendiri Pembuatan PT/CV

  • PT (Perseroan Terbatas)

Untuk pembuatan PT dikhususkan minimal melibatkan 2 orang dalam pendiriannya. Dimana keduanya dapat berasal dari Warga Negara Indonesia (WNI). Akan tetapi, dalam aturan penanaman modal Asing (PMA),Warga Negara Asing (WNA) diperbolehkan juga sebagai pendiri.

  • CV (Perseroan Komanditer)

Sebaliknya untuk pembuatan CV, tidak memungkinkan untuk WNA ikut serta sebagai pendirinya.  Sehingga pendiri yang diperbolehkan hanyalah berasal dari WNI dan sama seperti PT memerlukan minimal 2 orang pendiri yang terlibat dalam pendirian CV.

 

2. Dilihat Dari Bentuk Perusahaan

  • PT (Perseroan Terbatas)

Merupakan bentuk perusahaan yang berbadan hukum yang pendiriannya harus sesuai dengan peraturan tertulis. Tersirat dalam UU. no 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Nah, bentuk perusahaan pembuatan PT ini menjadi yang paling banyak digunakan di Indonesia sebab dapat digunakan untuk usaha dalam skala kecil, menengah, dan juga besar.

  • CV (Perseroan Komanditer) 

Bentuk perusahaan yang satu ini bukan termasuk usaha berbadan hukum dikarenakan tidak adanya peraturan tertentu yang mengaturnya. Pada umumnya, CV ini merupakan salah satu usaha yang dipilih untuk kegiatan UKM.

 

3. Dilihat Dari Penamaan Perusahaan PT/CV

  • PT (Perseroan Terbatas)

Untuk penamaan sebuah PT, sesuai dengan PP No. 43 Tahun 2011 ini haruslah terdiri dari 3 suku kata serta tidaklah sama atau mirip dengan PT yang sudah ada di wilayah Republik Indonesia.

  • CV (Perseroan Komanditer) 

Untuk CV ini tidak memiliki aturan khusus mengenai penamaan, sehingga bisa saja sebuah CV memiliki nama yang mirip atau bahkan sama dengan nama CV lainnya. Serta, untuk CV sendiri, penamaan diperbolehkan terdiri kurang dari 3 Kata.

 

4. Dilihat Dari Modal Perusahaannya

  • PT (Perseroan Terbatas)

Saat ini tidak ada lagi yang namanya dengan modal minimal Rp. 50.000.000 juta untuk pembuatan PT (Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal DasarPerseroan Terbatas). Namun , terdapat yang namanya modal ditempatkan dan modal disetor, yang mana terdapat ketentuan paling sedikit 25% dari modal dasar (modal yang menjadi jumlah saham) sudah ditempatkan (modal ditempatkan) dan disetor (modal disetor) penuh saat pendirian PT.

  • CV (Perseroan Komanditer) 

Untuk besaran modal awal tidak ditentukan secara khusus. Sehingga untuk penyetoran modal dapat ditentukan dan dicatat secara mandiri. Hal ini dikarenakan CV sendiri tidak memiliki sistem kepemilikan saham.

 

5. Dilihat Dari Segi Kegiatan Usaha Pembuatan PT/CV

  • PT (Perseroan Terbatas)

Mampu melakukan semua kegiatan usaha yang sesuai dengan maksud dan tujuan pendiriannya. Misalnya saja seperti perdagangan, pertanian, kontraktor, perusahaan pers, swasta,pariwisata, pelayanan dll.

  • CV (Perseroan Komanditer)

Untuk kegiatan usaha yang dijalankan cukup terbatas. Terdapat beberapa bidang usaha yang tidak dapat dijalankan apabila Anda memilih bentuk badan usaha CV dengan alasan tertentu.

 

6. Dilihat Dari Kepengurusan

  • PT (Perseroan Terbatas)

Untuk pendirian PT, kepengurusan terdiri dari 3 organ yang diantarnya adalah RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), Direksi, dan Komisaris. RUPS merupakan organ utama dalam sebuah PT yang mana melalui RUPS lah kebijakan-kebijakan berlaku, termasuk pemilihan Direksi dan Komisaris. Untuk direksi sendiri, merupakan organ PT yang berfungsi sebagai organ yang bertanggung jawab dan berwenang dalam menjalankan kepengurusan perusahaan sesuai dengan tujuan dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan komisaris merupakan organ yang berfungsi mengawasi keberlangsungan perusahaan serta memberikan nasehat.

  • CV (Perseroan Komanditer)

Berbeda dengan PT, kepengurusan pada CV hanya terdiri dari sekutu aktif dan pasif. Sekutu aktif merupakan sekutu yang bertindak secara langsung mengurus dan menjalankan sebuah CV, sedangkan untuk sekutu pasif bertindak secara tidak langsung dengan hanya berkewajiban untuk memberikan modal atau pinjaman

Jasa Pembuatan PT/CV Yang Terpercaya Dengan Kualitas Terbaik Hanya Di Sini Tempatnya

Dalam memilih bentuk usaha pembuatanPT/CV yang akan digunakan untuk kegiatan bisnis, penting untuk mengenal secara detail, tepat dan sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Baik itu PT maupun CV juga sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memerlukan jasa pembuatan PT/CV yang terpercaya dan berpengalaman, My legalitas dapat menjadi piliha yang tepat untuk Anda. Kami adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang legalitas dengan bertujuan membantu para pengusaha atau kelompok yang ada guna dapat menjalankan kegiatannya secara profesional dan legal yang beroperasional pada wilayah JABODETABEK.

Bersama dengan para ahli yang berpengalaman, jasa pembuatan PT/CV kami selalu bersedia memberikan yang terbaik dengan menjaga integritas dalam pekerjaan yang kami lakukan.  Biaya jasa pembuatan PT/CV dijamin terjangkau dan ramah di kantong. Sedangkan untuk proses pengerjaan hanya dengan waktu 8 –10 hari. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi pihak ahli pembuatanPT/CV kami.